Auto Pocket
Auto Pocket - Anda pasti tahu peranan ban untuk kendaraan anda. Dan yang terlebih jelasnya, Ban-ban modern yang mampu menghemat penggunaan BBM alias Ban
dengan tahanan gelinding (Rolling Resistance) yang rendah, memiliki komponen
penting yaitu unsur 'Silika Sintetis' pada bagian telapak ban (kembang ban).
Memecahkan Dualisme antara Rolling Resistance vs Daya Cengkeram.
Tantangan besar di masa lalu adalah bagaimana menghasilkan kompromi
antara tahanan gelinding yang rendah dan daya cengkeram yang baik.
Tahanan Gelinding (TG) adalah jumlah energi yang diserap ban saat
berputar dan menggelinding. Semakin rendah TG maka kerja mesin semakin ringan
dan konsumsi BBM menjadi lebih sedikit.
Penurunan TG umumnya berkorelasi dengan penurunan daya cengkeram ban di
jalan basah, saat ini dengan penggantian sejumlah unsur karbon hitam oleh
Silika pada susunan senyawa pembentuk telapak ban telah memungkinkan produsen
untuk memproduksi ban dengan daya cengkeram yang baik pada jalan basah
sekaligus TG yang rendah.
Terobosan Revolusioner
Daya cengkeram sebuah ban dipengaruhi oleh sejauh mana ban terdistorsi
pada frekuensi tinggi, alias sejauh mana faktor terjangan terhadap batu-batu
kecil dan ketidakrataan permukaan jalan saat ban tersebut menggelinding.
Daya cengkeram terbaik juga didukung oleh senyawa karet yang menyerap
tingkat energi yang tinggi (senyawa histeresis tinggi).
Di sisi lain, TG dipengaruhi oleh distorsi frekuensi rendah &
defleksi ban saat ban berputar. Ini juga membutuhkan senyawa yang menyerap
jumlah energi yg rendah (senyawa histeresis rendah).