-->
Auto Pocket

follow us

10 Hal yang Membuat Diet Selalu Gagal

Setiap orang terlebih wanita, pasti memimpikan untuk mempunyai bentuk tubuh yang ideal serta proporsional. Untuk memperoleh bentuk tubuh ideal, banyak wanita yang memutuskan untuk melakukan program diet. Tetapi tak seluruhnya wanita memperoleh hasil yang optimal dari program diet yang mereka lakoni, karena masih ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang mereka lakukan yang malah bisa menggagalkan program diet mereka.
diet-selalu-gagal

Berikut 10 hal yang seringkali menjadi faktor penyebab gagalnya program diet yang dilakukan oleh wanita.

1. Melampiaskan emosi dengan makan
Apakah kalian termasuk orang yang suka melampiaskan perasaan kesal, marah ataupun stres dengan makan berlebihan? Jika iya, kalian harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut dengan cara mengalihkan pikiran kalian ke hal lain saat perasaan tersebut datang. kalian juga dapat menceritakan kekesalan kalian kepada orang-orang terdekat, seperti orang tua, keluarga, dan sahabat kalian.

2. Fokus hanya pada diet
Kebanyakan orang cenderung fokus untuk melakukan diet makanan saja, tanpa memperhatikan faktor-faktor lain yang tidak kalah pentingnya dalam penurunan berat badan. Untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal, tentunya tidak hanya diet yang harus kalian lakukan. Namun kalian juga menyempurnakannya dengan melakukan olahraga dan tidur secara teratur.

3. Kurang olahraga
Olahraga menjadi salah satu faktor yang tidak kalah penting dalam menentukan keberhasilan diet kalian. Diet yang ketat tanpa diimbangi dengan latihan fisik yang teratur tidak akan membawa perubahan bentuk tubuh yang maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya kalian melakukan olahraga rutin setiap hari. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup melakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, senam, ataupun yoga selama 30 menit setiap harinya. kalian juga dapat menggunakan alat-alat olahraga yang dapat membakar lemak dan kalori berlebih yang ada di tubuh kalian.

4. Kurang tidur
Tidur kurang dari 8 jam sehari akan menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat. Peningkatan hormon ini akan mendorong peningkatnya nafsu makan, yang pada akhirnya justru akan menaikkan berat badan kalian. Selain itu, kurang tidur juga akan membuat metabolisme tubuh menurun. Dengan rendahnya metabolisme, kemampuan tubuh kalian untuk membakar kalori juga akan menurun.

5. Melakukan diet karena tren
Jika kalian mencoba diet hanya karena ikut-ikutan teman kalian, maka jangan harap diet yang kalian jalani akan berhasil. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kalian harus mengetahui lebih dahulu motivasi kalian sebelum memutuskan untuk melakukan progam diet. kalian dapat menuliskan motivasi-motivasi kalian pada kertas memo dan menempelkannya di dinding kamar. Jadi, apabila sewaktu-waktu kalian merasa putus asa dan ingin berhenti diet, kalian dapat melihat kembali tulisan tersebut dan pastinya kalian akan kembali merasa termotivasi.

6. Lingkungan tidak mendukung
Berada di lingkungan yang tidak mendukung kalian untuk melakukan program diet cenderung dapat membuat kalian lebih mudah putus asa dan berhenti untuk melakukannya. Dukungan dari orang-orang terdekat seperti orang tua, keluarga, dan teman sangatlah penting dalam mendukung kesuksesan diet kalian. Jika orang terdekat tidak mendukung, kalian harus menjelaskan motivasi kalian untuk berdiet dan berusaha meyakinkan mereka bahwa kalian melakukan program diet ini untuk kesehatan tubuh kalian.

7. Pola diet yang salah
Pola diet yang berhasil dilakukan oleh satu orang, belum tentu akan berhasil saat diterapkan oleh orang lainnya. Hal ini karena keberhasilan diet juga dipengaruhi oleh kecocokan pola diet yang dilakukan dengan kondisi tubuh orang yang menjalaninya. Oleh karena itu, sebelum menjalani program diet tertentu, kalian harus mencari tahu diet seperti apa yang cocok untuk kondisi tubuh kalian.

8. Tidak rutin memantau berat badan
Untuk mengetahui apakah diet yang kalian lakukan berpengaruh dalam penurunan berat badan, kalian harus memantau berat badan kalian secara rutin. Jika tidak melakukannya, kalian tidak akan tahu apakah diet yang kalian jalani cocok atau tidak untuk kalian lakukan. Sebaiknya, selalu pantau penurunan berat badan kalian setiap minggu dan catat setiap penurunan yang terjadi.

9. Melewatkan sarapan
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang yang melewatkan sarapan, bera badannya cenderung mudah bertambah. Pasalnya, orang yang melewatkan sarapan cenderung akan makan siang lebih banyak daripada orang yang sarapan. Selain itu, orang yang melewatkan sarapan cenderung memilih menu makan siang yang memiliki kadar lemak dan kalori yang sangat tinggi

10. Diet terlalu ketat
Jika kalian sudah terbiasa makan makanan manis dan berlemak, tapi tiba-tiba kalian harus mengubah pola makan kalian secara mendadak, tubuh kalian akan sulit untuk beradaptasi. Akibatnya kalian tidak akan dapat bertahan lama menjalani program diet tersebut. Sesekali kalian boleh memanjakan diri kalian dengan makanan kesukaan kalian, asal jangan berlebihan. Diet yang baik adalah diet yang dilakukan secara perlahan dan berkala, namun memberikan hasil yang maksimal.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar