-->
Auto Pocket

follow us

Tips Aman jika Terpaksa "Menghajar" Lubang di Jalan

Semakin sering banjir di jalan, semakin tinggi pula kemungkinan muncul lubang. Tak hanya mengurangi kenyamanan, tetapi hal itu juga bisa menjadi ancaman. Banyak biker yang menghindar tanpa tahu trick aman, pada akhirnya mengakibatkan kecelakaan yang melibatkan pengendara lain. Selain itu, dapat merusak velg pada saat masuk kejalan berlubang.

National Traffic Management Centre (NTMC) Korlantas Polri pun sampai merilis imbauan dan trik aman bagaimana menghadapi lubang jalanan yang mulai mengancam jiwa pengendara, terutama pesepeda motor. 

menghajar-lubang-dijalan

Tips dan trik ini disebar melalui jejaring sosial, berikut rangkumannya:

1. Jika sudah hafal jalan dan lokasi lubang, maka itu akan memudahkan pengguna jalan menghindar. Dari kejauhan, persiapkan untuk berpindah jalur menghindari lubang. Tetap berkonsentrasi.

2. Beri jarak pandang yang cukup antara Anda dan kendaraan di depan. Hindari posisi terlalu mepet dengan mobil sehingga kondisi jalan lebih terlihat jelas, dan pengendara punya kesempatan lebih banyak untuk menghindar.

3. Ketika mendadak melihat lubang, segera perlambat kendaraan dengan menutup putaran gas dan kedua rem. Apabila sangat mungkin, tengok kaca spion untuk meyakinkan tak ada kendaraan yang bakal melintas di area yang bakal Anda pakai untuk menghindar. Bila tidak memungkinkan, perlambat kendaraan sampai berhenti, kemudian Anda melihat kaca spion dan tunggu sampai situasi aman, kemudian menghindari lubang tersebut. Jangan berspekulasi. Berbahaya!

4. Bila jarak pengereman terlalu pendek dan Anda harus melewati lubang tersebut, maka tetap perlambat kendaraan dan angkat pinggul Anda, sedikit tekuk lutut dan siku tangan, serta genggam lebih kuat setang kemudi. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak terlempar dari kendaraan. Selanjutnya, berjalanlah lagi dengan tenang dan lebih waspada.

5. Bila mengetahui pengendara di depan akan menghadapi lubang, cobalah mengurangi kecepatan dan memberi kesempatan menghindar. Langkah ini tambah baik dari pada pengendara itu menghindar waktu kita tengah di sampingnya. Terlepas dari siapa yang benar dan yang salah, tetap saja kita terlibat dalam kecelakaan jika memang bersenggolan.

Intinya, jangan pernah menghindari lubang dalam kecepatan tinggi, kecuali Anda merasa aman dan jalanan lengang. Kasus yang banyak terjadi adalah, sepeda motor menyenggol sepeda motor lainnya atau bahkan kendaraan lain yang lebih besar karena menghindari lubang dan berspekulasi "banting setang".

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar